Garudajaya News :
Home » » Kemenangan Ganjar-Heru Obati Kekalahan PDIP di Sumut, Jabar dan Bali

Kemenangan Ganjar-Heru Obati Kekalahan PDIP di Sumut, Jabar dan Bali

Written By CIKARANG JAYA on Minggu, 26 Mei 2013 | 17.44

Jakarta - Hasil akhir beberapa quick count menunjukkan bahwa pasangan Ganjar-Heru menang telak di Pilgub Jateng 2013. Kemenangan ini dinilai sebagai keberhasilan partai pengusung yakni PDIP mengobati kegagalan di Pilgub Jabar dan Bali.

"Kemenangan Ganjar ini merupakan hasil dari kombinasi beberapa faktor. PDIP harus menang karena selama ini trendingnya PDIP menguasai Jateng. Setelah gagal di Sumut, Bali dan Jabar, (PDIP) mau mengobati kegagalan itu," ujar pengamat politik dari UGM, Arie Sujito kepada detikcom, Minggu (26/5/2013).

Selain itu, tim sukses non struktural partai juga dinilai berhasil mengkombinasikan jaringan-jaringan yang ada. PDIP juga dipandang sukses membangun brand Ganjar sebagai seorang figur muda yang membawa pembaruan.

"Ini pelajaran berharga. Kalau partai mampu mengkombinasikan tiga hal itu, maka akan berhasil," lanjutnya.

Arie mencoba membandingkan dengan kemenangan Jokowi di Pilgub DKI Jakarta tahun 2012 lalu. Menurutnya, saat itu Jokowi menang atas dasar figur dan dukungan tim sukses non partai.

"Kasus Jokowi itu lebih ke figur dan didukung tim sukses non partai. Sementara Bibit yang didukung 3 partai dan HP-Don seperti cuma jadi syarat administrasi," kata Arie.

Hadi Prabowo-Don Murdono yang didukung oleh banyak partai yakni PKB, PKS, PPP, Hanura, Gerindra dan PKNU juga dipandang tak mendapat dukungan secara maksimal.

"Tidak ada ikatan ideologis, antara HP-Don, bukan kader PKS juga. Hal ini berbeda dengan Pilgub Jabar, di mana Aher merupakan kader PKS," imbuhnya.


Penimbunan BBM gunakan macam cara untuk menimbun bbm.Saksikan penelusurannya di "Reportase Investigasi" pukul 16.45 WIB, hanya di Trans TV.

(sip/rvk)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Halaman Utama | Telepon Kami
Copyright © 2012. DAIHATSU CIKARANG - All Rights Reserved
Hak Cipta : Cikarang Jaya Disusun Oleh Master
Anwari, S.Kom I Blogger